Apa Definisi Sukses Anda?


Bila kita mau sedikit cari info yg banyak beredar di internet, dapat ditemukan berbagai uraian yang mengartikannya. Mulai definisi menurut para ahli, hingga para pebisnis. Beberapa orang pakar di lansir http://blogalwafa.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-sukses.html menuturkannya. Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati (Brian Tracy). Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai (Earl Nightingale). Sukses adalah mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang (Zig Ziglar). Nah, kira-kira mana yang sama dengan definisi Anda.

Ada pula opini orang-orang awam.
http://bisnis.liputan6.com/read/2622549/17-definisi-sukses-yang-wajib-anda-ketahui. Sukses itu berarti melakukan hal yang terbaik. Sukses itu fokus pada tujuan. Sukses berarti memiliki keluarga untuk berbagi. Sukses memahami kebutuhan dan keinginan. Sukses itu percaya. Sukses menyeimbangkan pekerjaan dengan semangat. Sukses itu mengurus diri sendiri. Sukses itu hidup berlimpah. Sukses itu bisa mengatasi rasa takut. Sukses itu mencintai dan dicintai. Sukses bisa membantu orang lain. Dst.

Miliarder Warrent Buffet dan Bill Gates memiliki ukuran sukses yang sama. http://global.liputan6.com/read/2872638/bukan-duit-ini-2-definisi-sukses-menurut-miliarder-bill-gates. Yakni apakah orang-orang di dekatmu bahagia dan mencintaimu.

Sukses sedianya kata yang diserap dari bahasa inggris, success. Coba Anda ambil kamus atau cukup googling, artinya sendiri ialah berhasil. As simple as that. Namun, kadangkala di kalawangan awam kata ini bisa menjadi perdebatan. Sebab, ukuran keberhasil setiap orang itu bisa berbeda. Beda orang beda kemauan, beda cita-cita, beda tujuan.

Keberhasilan itu buah manis dari tuntasnya pekerjaan. Bila kita berencana agar tak telat masuk kantor pagi ini berarti kita telah menjadi orang yang sukses. Sukses untuk tak datang terlambat. Bila seorang murid mentargetkan meraih hasil ujian 100 lalu mendapatkannya, berearti ia sukses. Bila seseorang ingin memiliki rumah sebelum usia 30 lalu dapat merealisasikannya, berarti ia telah sukses. Bila ingin naik haji dan bisa, berarti sukses. Bahkan bila ingin mendapatkan kebagaiaan hakiki di akhirat kelak, ia bisa sukses saat Tuhan ridha atas dirinya.

Sukses yang besar sejatinya dibangun dari sukses yang kecil. Kemenangan -kemenangan kecil harus biasa dicapai agar bisa mendapat yang lebih besar. Kebiasaan semacam itu bisa memotivasi untuk terus semangat berkarya dan membangun karakter diri menjadi seorang pemenang. Coba saja untuk bisa sukses bangun tidur di waktu shubuh setiap hari. Sukses masuk kantor tepat waktu. Sukses medapat kenalan baru. Sukses mendapat proyek. Sukses berlibur dengan keluarga. Dst. Saya pikir Anda bisa mendapat kebahagiaan saat banyak keberhasilan diraih.

Kebiasan sukses layak agar dijaga setiap hari. Meski sangat mungkin sewaktu-waktu menemui kegagalan. Tapi seorang yang berfikir maju, kegagalan itu hikmah. Kesalahan bisa dijadikan pelajaran untuk jadi lebih baik.

Agenda harian menjadi penting untuk dibuat. Tak ada kesuksesan tanpa berencana. Tak ada kemenangan tanpa tujuan akhir. Bila mungkin, buatkan pula agenda bulanan, tahunan, 5 tahunan, bahkan agenda jangka panjang seumur hidup.

Maka dari itu, rajin saja tidak kan cukup. Sukses itu perlu kerja. Kerja itu butuh rencana.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s