5 Langkah Membuat Rencana Aksi Nyata (Action Plan)


Menindaklanjuti tulisan sebelumnya tentang prinsip pareto dan kesuksesan, penting bagi kita untuk bisa mengatur rencara kegiatan di setiap harinya. Sebagaimana sering dikatakan kebanyakan orang, bila gagal berencana berarti merencanakan kegagalan. Bentuk realisasi perencanaan adalah menyusun rencana aksi (Action Plan) secara tertulis/terdokumentasi. Sehingga bisa bisa diacu, direview, dan dievaluasi.

Ada beberapa tips dan teknik tentang bangaimana menyusun rencana aksi. Berikut adalah 5 tahapan pembuatan rencana aksi yang saya tawarkan untuk menjadi salah satu pilihan dalam membuat perencanaan.

  1. Menentukan apa sebenarnya hal yang ingin kita miliki/capai.
    • Lima kategori penentuan tujuan yang sebaiknya dipenuhi, terkumpul dalam kata SMART:
      • Spesific : Tujuan bersifat detil dan spesifik.
      • Measurable : Tujuan yang ditentukan dapat diukur secara bentuk, besaran ukuran, dan waktu.
      • Achieveble : Tujuan bersifat mungkin untuk diraih berdasarkan kapasitas diri. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kesibukan lain yang kita miliki. Jangan sampai bentrok atau overlap.
      • Realistic : Tujuan adalah hal yang nyata dan sesuai dengan sumber daya dan potensi yang kita miliki. Seperti modal dan potensi keterampilan diri.
      • Time-bound : Ditentukan target waktunya
  2. Membuat timeline, berupa garis mendatar dan menuliskan huruf A di awal dan B di akhir garis. A menunjukaan awal proses dimulai, B berarti akhir proses dicapai. Selanjutnya tentukan waktu awal A dan tenggat akhir B tadi.
  3. Braindump, brainstorming aksi-aksi yang menurut kita penting untuk meraih tujuan kita.
  4. Urutkan aksi-aksi tadi berdasarkan prioritas dan kebergantungannya satu sama lain. Hilangkan pula bila ada beberapa poin yang dirasa sama atau tidak penting dan bisa dihilangkan.
  5. Petakan poin-poin aksi tadi ke dalam timeline yang telah dibuat, dan tentukan milestone-nya serta due date-nya masing-masing.

Berikutnya anda bisa langung “beraksi” merealisasikannya! Dokumen ini secara tidak langsung menjadi acuan pekerjaan dalam meraih tujuan yang bisa dievaluasi di kemudian hari.

Iklan

Satu pemikiran pada “5 Langkah Membuat Rencana Aksi Nyata (Action Plan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s