Berlatih Disiplin Lewat Ibadah Shalat


Sebuah keberhasilan erat terkait dengan suatu keteraturan. Hal-hal yang diperlukan untuk meraihnya dirinci, didefinisikan, dan dijadwalkan. Tak kalah penting, rencana dimplementasi berdasar rencana dan terkontrol secara reguler. Disiplin ialah salah satu faktor untuk meraih keteraturan. Efeknya bisa membuat pekerjaan tidak terlambat dilakukan, tidak tumpang tindih, atau bahkan terabaikan.

Perlu latihan untuk membuat disiplin menjadi bagian dari diri kita. Bagi seorang muslim, shalat adalah salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan untuk memupuk sifat itu. Jadi shalat tak hanya dilakukan untuk menggugurkan kewajiban, tapi dilakukan sepenuh hati dan dimaknai sepenuhnya sehingga berefek positif dalam banyak hal. Contohnya, menjadi adil saat mengatur waktu atau bisa menempatkan suatu hal pada tempatnya.

Oleh karena itu, ibadah — dalam hal ini shalat — sangat layak bahkan penting untuk dilakukan, disadari nilai-nilai positif di dalamnya. Lakukan dengan rutin, sukarela, dan tidak sekali-kali meninggalkannya. Bahkan lakukan di masjid untuk berjamaah tepat waktu, untuk memperoleh hasil terbaik dari shalat. Perbaiki terus bacaan-bacaanya, tata caranya, dan tumaninah saat mengerjakannya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s