Menikmati Hidup dengan Hobi Kayu


WhatsApp Image 2018-07-22 at 14.07.56

Hobi kayu sebenarnya biasa saja. Umum karena banyak orang yang punya hobi itu. Meski begitu, punya hobi itu jelas sangat menyenangkan. Waktu bisa habis tak terasa berjam-jam demi sebuah hobi.

Banyak review dan tutorial perkayuan di youtube. Tak susah untuk mulai berlajar. Bahkan dapat langsung menciptakan produk – konkrit. Ini adalah salah satu kelebihannya. Sebuah benda yang tak hanya bisa dilihat tapi diraba. Tapi, persoalannya  hobi semacam ini perlu fisik dan stamina lebih. Jauh beda dengan hobi bermain game atau membuat game.

Mungkin bila beberapa menit saja belum terasa capek. Tapi bila sudah 2 jam, sadar atau tidak konsentrasi bisa mulai turun. Meskipun semangat masih menggebu karena ‘projeknya’ belum beres.

Orat-oret disain amatiran tampak gampang di atas kertas. Coba dilihat saat implementasinya. Mutlak perlu ekstra otot dan konsentrasi. Maka sangat dianjurkan untuk makan lebih dulu bahkan stretching.

Mesti berpikir dua kali bila ingin mengembangkan hobi ini menjadi komersil. Agak rumit saat berhitung untuk uang di sini. Sebab berat secara fisik dan jumlah produk yang dihasilkan tak mudah untuk diperbanyak. Butuh ekstra tanaga, waktu, bahkan teman. Apalagi jika termasuk orang yang cukup sibuk,  dan waktu yang menjadi modalnya.

Hobi adalah hobi. Hobi itu untuk dinikmati. Bukan untuk mengejar kebutuhan apalagi kewajiban. Ini esensi hobi, yang dapat menjadi penawar kalkulasi rumit bila pikiran terperangakap dengan hitung-hitungan keuangan pribadi.

Setidaknya, hasil karya hobi ini bisa dipakai untuk kebutuhan kostumisasi kerperluan pribadi. Tentunya yang didapat dengan biaya lebih murah, meski bisa tak sempurna dan waktu yang lama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s