Pelatihan Jurnalistik Balai Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC)


Balai Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC) menggelar pelatihan jurnalistik yang dimulai anggal 11 Desember 2010. Pelatihan bertempat di gedung ICMI Orwil Jabar yang beralamat di Jalan Cikutra Samping Hotel Bumi Kitri Bandung. Lama pelatihan kurang lebih 2 bulan,  diperkirakan akhir bulan februari pelatihan ini akan rampung dilaksanakan.

Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk generasi islam yang berwawasan jurnalistik dan membentuk jurnalis islami. Seperti diungkap oleh salah seorang panitianya, umat islam saat ini paling tidak perlu memiliki wawasan jurnalistik supaya bisa menahan gempuran informasi-informasi negatif yang datang dari luar. Oleh karena itu, dari pelatihan ini diharapkan paling tidak dihasilkan pribadi yang kritis terhadap bebagai ancaman dari dalam maupun luar, dinamis dalam berfikir, berani dalam bersuara, dan memiliki keteguhan pribadi sebagai seorang muslim.

Pelatihan ini sangat berbobot dan baik untuk diikuti. Sebab diisi oleh pemateri kawakan dibidangnya, praktisi maupun akademisi. Dari kalangan praktisi, wartawan dari Harian Umum Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar siap membagi-bagikan ilmunya seminggu setelah acara pembukaan. Sedangkan dari akademisi ada dosen-dosen yang mengajar di UNPAD dan UIN. Di sesi lainnya panitia pelatihan berjanji akan mengadakan kunjungan redaksi ke beberapa dapur redaksi surat kabar bahkan televisi bila memungkinkan. Peserta akan melihat sendiri bagaimana para jurnalis membuat bahan bacaan ataupun tontonan yang akan kita dan telah kita konsumsi selama ini.

Pelatihan-perlatihan jurnalistik memang banyak diselenggarakan oleh beberapa lembaga. Seperti PWI atau yang lainnya. Namun, satu hal yang membedakan  antara pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga lain dengan BATIC yakni biaya yang terjangkau. Bila dilembaga lain dibutuhkan biaya hingga Rp. 2 juta, di  BATIC hanya cukup mengeluarkan Rp. 200 ribu  saja. Bahkan waktu penyelenggaraannya pun lebih lama. Di tempat lain pelatihan dilakukan kurang dari satu bulan sehingga materi yang disampaikan dipadatkan untuk mencapai target tersampaikannya materi. Pasti peserta yang mengikutinya akan merasa kewalahan memahami beberapa materi dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Pelatihan BATIC ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja leh kita.  Sebab, pelatihan ini dapat mengembangkan potensi menulis kita atau paling tidak membuka wawasan bagi kita terhadap dunia jurnalistik. Sehingga kita memiliki sensitivitas terhadap informasi-informasi yang  datang dengan masif dan gencar di masa sekarang ini.

 

One Response

  1. manawi teh teu kieu s’bapa .. ngke mh d rekomendasikeun jd instruktur..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: