Hikmah Surat Al-Kautsar


Surat Al-Kautsar merupakan surat yang paling pendek. Dengan jumlah ayat tiga, sama dengan jumlah surat Al-Ashr tapi memiliki lebih sedikit huruf. Inna’athoina kal kautsar, Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Amil nawasih yang terdapat diawal surat ini mengandung arti peringatan. Inna, Anna. Nikmat yang Allah berikan yang kautsar,yang dapat berarti telaga kautsar atau banyak. Telaga kaustar adalah danau di Surga yang memberikan kesegaran kepada yang meminumnya dan tidak akan merasa penuh perutnya meskipun ia minum terus menerus. Banyak, karena sedari kita di dunia kita banyak dikaruniai banyak kenikmatan, Iman, Islam, umur, kesehatan dll.. Maka nikmat mana lagi yang kau dustakan.

Fasholli lirobbika wanhar. Maka shalatlah karena TuhanMu dan berkobanlah. Shalat merupakan amalan yang pertama dihisab. Bila baik shalatnya baik pula amalan lainnya,begitupula sebaliknya. Shalat adalah syariat pertama yang harus didirikan oleh orang tua kepada anaknya ketika ia berusia 7 tahun, muruu aulaadakum lishalaah, bahkan bila anak itu tidak mau shalat walau usianya telah 10 tahun, fadlribuuhum, maka pukullah. Pukulan pendidikan, tanpa hawa nafsu dan tidak mencelakai. Pukulan kasih sayang orang tua yang menginginkan anaknya menjadi hamba Allah yang bertauhid. Wanhar, dan berkorbanlah. Bagi mereka yang telah mempu, berkorbanlah demi Allah dan Rasulnya. Kurban, infak, shadakah.

Innasyaaniaka huwal abtar. Sesungguhnya orang yang membenci kamu dialah orang yang terputus. Orang yang membenci Sunnah Rasul adalah orang yang terputus dari Beliau. Na’udzubillah. Kasus sederhana tentang kelompok poligami, banyak orang yang mencibirnya. Padahal jelas-jelas poligami adalah yang dilakukan Rasul, sunnah Rasul. Coba lihat lebih detail, Rasul tidak semata-mata berpoligami melainkan untuk kemaslahata, menolong janda, manjaga fitnah, bukan untuk mengumbar hawa nafsu. Tidak sedikit istri Rasul adalah seorang janda dan tua. Tapi jika kamu takut tidak bisa berlaku adil maka kawinilah satu orang saja. Allahu ‘Alam. (hary-’09)

 

Sumber
Al-Quran, Khutbah Jumat Bpk Ust Drs Abdurrahman.

4 Responses

  1. Orang atau undang undang yang melarang berpoligami termasuk ikut menghancurkan islam, para nabi aja banyak yang melakukan poligami, tak ada ayat yang melarang poligami

  2. Ayat ini tidak ada hubungan nya dengan poligami..jangan sembarangan menafsirkan dengan tidak ada dasarnya..walopun mungkin sekedar contoh…ngawur aja..

  3. My relatives always say that I am wasting my time here at net, but I know
    I am getting experience daily by reading thes good content.

  4. I seriously love your blog.. Great colors &
    theme. Did you make this website yourself? Please reply back as I’m trying to create my own site and would love to find out where you got this from or exactly what the theme is named. Kudos!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: