Fokus Pada Bentuk Akhir


Capture

Pekerjaan seorang Developer Software berbeda dengan seorang Operator Software. Perbedaan mencolok Developer dituntut untuk terus berfikir mencari jalan keluar. Setiap hari diibaratkan dihadapkan dengan soal-soal ujian yang baru. Lain hal dengan Operator yang tinggal duduk manis di hadapan mesin/PC lalu bekerja mengikuti prosedur-prosedur yang telah terdefinisi.

Tentu tak hanya jenis pekerjaan ini yang selalu dihadapkan dengan hal baru setiap hari. Ada profesi lain yang cara kerjanya mirip, seperti seorang peneliti, analis, desainer, atau pun detektif. Namun, tetap saja meski variannya banyak, jumlah personalnya tidak sebanyak para operator.

Sebuah pengalaman berkaitan dengan pekerjaan semacam ini, membuat pertanyaan pada diri. Mampukah agar dapat selalu mencarikan solusi tugas-tugas di hari esok. Sampai kapankah rutinitas yang memeras pikiran ini berjalan.

Terlebih bila bertemu dengan hal membuat cemas, yakni saat tugas itu bertemu dead-line. Meski telah diatur dari awal mekanisme penyelesaiannya, namun bisa sajadi tahap akhir pengerjaan, di H-1, mendapat kebuntuan. Program yang bekerja dengan tampil melalui editor tidak sama dengan yang tampil dari hasil packing.

Meski pada akhirnya persoalan itu bisa diselesaikan. Tapi penyelesaian itu sungguh perlu pemikiran dan (tentu) pengerjaan lagi. Butuh tambahan waktu!. Seberapa efektif dan benar solusinya, bergantung pada kemampuan IQ developer ybs. dan pengalamannya.

Ambilah pelajaran, pada fokus bentuk akhir/hasil yang diminta. Pastikan fitur-fitur utama telah terpenuhi/terimplementasi di program lebih awal. Atur sedemikian rupa agar produk akhir bisa siap paling tidak H-2 meski beberapa fitur belum rampung. Atau paling tidak, terbukti skema penyelesaiannya. Hal-hal yang bersifat tek-tek bengek bisa dikerjakan kemudian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s