Harus Proaktif untuk Masalah Komunikasi


Sumber Gambar zimbio.com

Proaktif adalah sebuah kebiasaan yang baik untuk dimiliki. Sifat proaktif bisa membuat sebuah pekerjaan menjadi efektif atau tepat guna. Ini ciri manusia yang memiliki sikap pantang menyerah namun tetap bertanggung jawab. Sifat ini pula yang akan mengundang orang lain orang lain di sekitar kita untuk mau untuk melirik hal baru dari diri kita.

Cara ini bisa dipakai sebagai salah satu cara untuk menghadapi masalah komunikasi dengan teman/rekan kita, di kampus atau di kantor. Sebagai contoh, komunikasi kaku dan canggung yang muncul karena mereka merasa bosan dengan kita. Ini tak boleh dibiarkan berlama-lama, sikap bosan itu bisa menimbulkan “penyakit lainnya.” Dari mulai mendiamkan, prasangka buruk, hingga bisa berbuntut konfrontasi.

Mesti ada inisiatif dari orang yang sadar atas gejala awal ganjil ini. Proaktif ialah obat untuk memecah kebuntuan komunikasi itu. Breake The Ice. Pada saat niat baik sudah ada, kapan pun kesempatan untuk mengutarakan maksud itu ada, akan berupaya untuk dimaksimalkan. Misal, saat kebetulan makan siang dengan semua rekan kerja, bersama-sama di sebuah meja. Tak bisa dipungkiri, biasanya selalau ada dialog multiarah. Di sanalah kesempatan kita untuk turut “berkoar-koar” sekaligus menyisipkan misi kita. Dengan cara memanggil namanya, menyapa yang bersangkutan, ataupun menyangkut pautkan cerita di obrolan kita padanya. Secara tidak langsung, ini adalah kode dari kita bahwa kita memiliki tujuan baik untuk meluruskan ketidakjelasan itu.

Walhasil, kita tak akan tahu pasti kapan dan bagaimana respon dari yang bersangkutan. Sehingga apabila tiba waktu bubaran, dan termyata dia menyapa anda. Amazing, speechless… Langkah awal anda telah menunjukan hasilnya. Itu adalah hal positif. Keep proacticve. Jaga komunikasi, bukan asal ada urusan saja. Sapa!. Karena mereka bukan lah seonggok benda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s