Management dalam Perusahaan


Management merupakan hal yang dilakukan dilakukan dalam sebuah perusahaan, tidak dalam scope ekonomi makro. ya nggak ??. Ngobrol-ngobrol tentang management di beberapa tempat yang saya tahu, ada suatu perusahaan yang memperlakukan pegawainya sebagai aset, karenanya ia difasilitasi dengan sangat maksimal, kata mereka bila komputer, gedung, atau hal lainnya hancur itu bisa diganti, tapi kalau kalian (pegawai) celaka maka itu masalah yang serius. Ada pula perusahaan yang memandang bahwa yang dinamakan aset adalah dokumen. Barang atau orang bisa di-hire. Jadi siapapun orangnya kelak dan di mana pun tempatnya nggak masalah. Katanya metode ini yang terbaru. Yang paling konvensional mungkin, adalah yang mengatakan bahwa bila perusahaan sejahtera maka perusahaan sejahtara, kehawatiran di metode ini, eksploitasi tenaga SDM selagi target belum tercapai. Pokoknya target-target. (hary ’09)

Iklan

3 pemikiran pada “Management dalam Perusahaan

  1. interesting.
    maksudnya mungkin ‘..bila karyawan sejahtera, maka perusahaan sejahtera..’
    saya kira perusahaan yg baik adalah yg dapat mempertahankan karyawannya mskipun sedang krisis. misalnya General motor-nya Matsushita 🙂

    1. Itu informasi dari Kakak saya yang berprofesi sebagai bagian keuangan di sebuah perusahaan swarta di Bogor. Memang demikian adanya, perusahaan yang masih menggunakan perpektif konvensional, lebih mengutamakan perusahaan daripada karyawan itu sendiri, maka tak aneh bila ada pelanggaran atas hak dasar buruh.

      Biar saya perjelas,
      1. adalah yang memandang pegawai sebagai aset.
      2. adalah yang memandang dokumen sebagai aset.
      3. adalah yang memandang perusahaan sebagai aset.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s