Karakterisasi Berbuat Baik


Perbuatan baik adalah perbuatan yang mulia. Tak hanya orang lain yang merasakannya tapi diri sendiri pun bisa ikut merasakan hal yang sama. Luruskan niat dan lakukan tanpa terpaksa. Kemanfaatan atas diri pun akan tersebar pada orang di sekitar kita. Bisa dengan berbakti pada orang tua, mengajarkan suatu hal pada adik, menolong teman atau tetangga, bekerja dengan sungguh-sungguh, bersedekah, beribadah, senyuman, atau pun tidak beprasangka buruk.

Selepas berbuat baik, ada baiknya luruskan niat kembali. Menyadari bahwa kita telah berbuat atas niat yang telah ditanamkan. Hal ini berguna untuk bisa lebih menghargai diri. Semacam reward. Tanpa harus menghitung-hitung jasa atau uang yang dikeluarkan. Apalagi sampai timbul tinggi hati. Harapannya, hati kan terasa kian ikhlas atas apa yang telah diperbuat.

Layaknya melatih keterampilah semisal berolah raga, berbuat baik pelu dilakukan secara berkesinambungan. Alias mebiasakan diri untuk berbuat baik. Bahkan membuatnya sifat dan karakter diri. Dengan sendirinya pula, mudah di kemudian hari untuk melakukan repetisi kebaikan. Ketagihan untuk berbuat baik.

Banyak hal perbuatan baik yang bisa dilakukan. Syaratnya, niat yang lurus dan sesuai dengan tuntunan agama. Namun, janganlah menjerumuskan diri pada kehancuran. Bila telah habis tenaga kita tuk menolong. Bila telah kurang tabungan tuk membantu. Cobalah cari cara berbuat dengan cara lain. Tidak malah dengan hal yang menggadaikan diri atau keluarga. Atur intensitas untuk berbuat baik yang dinilai besar. Bisa sepekan sekali atau sebulan sekali. Isi hari-hari diantaranya dengan hal baik yang lebih kecil. Tak perlu muluk pada orang jauh. Pada rekan kerja seruangan, tetangga sebelah, orang serumah, atau anak istri sendiripun jangan sampai luput.

Bila berbuat baik ini telah menjadi motivasi diri. Yakinlah, hal ini bisa lebih mendorong diri untuk bisa berkarya lebih baik bahkan terbaik. Bekerja kian produktif sekaligus memberi kemanfaatan lebih pada siapapun. Pikiran kan tenang, hati kan menjadi lapang. Sebuah kebahagiaan yang kan tak ternilai lewat kata-kata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s