Teknologi Baru di Intel Software Day Bandung


Image0148Intel menyelenggarakan acara Software Day di Digital Valley Building, Telkom Bandung hari minggu tanggal 17 Desember 2012. Acara ini diselenggarakan bagi para developer aplikasi. Di acara ini Intel Asia Pacific mengenalkan teknologi-teknologi baru yang akan dirilis di produk-produk intel tahun depan, 2013. Multi-touch technology, multi sensor, perceptual computing, dan paralel computing merupakan teknologi yang akan dikedepankan oleh intel. Semua perangkat yang akan keluar memanfaatkan teknologi touch screen. Dalam hal ini Windows 8 dan Android merupakan perangkat lunak yang sangat cocok untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Multi sensor, Intel menanam berbagai macam sensor, seperti sensor cahaya, gyroscope, acceloromeeter, compas, bahkan kamera ‘kineck’ ala intel. Sehingga perangkat intel nantinya akan bisa menangkap object tiga dimensi dihadaapnnya. Paralel computing, intel ingin supaya semua perangkat bila berada dalam suatu area dapat berkomunikasi satu sama lain mesi dia berbeda jenis, seperti smartphone, tab, ultrabook, notebook, bahkan alat rumah tangga. Intel mendorong para developer khususnya developer Indonesia untuk memulai membuat atau menuangkan ide membuat aplikasi untuk diterapkan pada perangkat-perangkat intel yang akan keluar tidak lama lagi. Intel memberi klu untuk memanfaatkan teknologi baru yang diusungnya untuk diterapkan pada aplikasi dibuat para developer, sehingga aplikasi tersebut dapat memberikan pengalaman baru kepada para pengguna.

Produk yang akan dikeluarkan tahun depan adalah smartphone, tab, dan Ultrabook. Ya, intel akan membuat smartphone, intel akan membuat smarphone yang didedikasikan untuk sistem operasi Android. Sehingga nantinya akan ada smartphone dengan bertuliskan “Intel Inside”. Tahun depan di Indonesia intel akan mengeluarkan smartphone dan tab dari dua merek gadget terkemuka.

Hal yang paling wow dari intel ini adalah Ultrabook. Ultrabook yang dikeluarkan intel ini adalah Ultrabook generasi ke-4. Ultrabook ini benar-benar memberikan pengalaman baru kepada pengguna. Ultrabook ini menggabungkan fungsi dari tab dan smartphone dengan notebook atau laptop.  Alhasil Ultrabook ini bisa difungsikan sebagai tab, untuk menikmati konten-konten informasi atau notebook, sebagai alat yang produktif. Banyak hal baru yang merupakan kelebihan dari utrabook ini. Di antaranya adalah ultrathin, perangkat yang sangat tipis, ultrasecure, sekuritas terjamin karena intel telah menggandeng McAfee sebagai partner dalam mengembangkannya, dan ultra responsif, merupakan perangkat sangat cepat dengan dukungan Processor Intel Core. Di demo yang ditunjukkan oleh Pak Firstman, selaku Business Manager Intel Asia Pacific, Ultrabook bisa hidup dan digunakan dalam hitungan ke-5.

So, buat para developer terbuka lebar kesempatan untuk memasarkan aplikasi. Jadilah generasi awal pembuat aplikasi teknologi baru ini, sebelum saat boomingnya. Banyak tools dan teknologi baru yang siap dimanfaatkan. Khusus buat aplikasi dengan bawaan Intel, telah diasediakan  pasar aplikasi sotware yang bernama AppUp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: