Mengapa anda bisa gila bola?


Mengapa anda bisa gila bola? bagaimana hal itu dimulai? Apa efeknya bagi kita saat ini dan di masa yang akan datang?. Pertanyaan-pertanyaan tadi patut dipertanyakan pada diri kita bila kita tergila-gila sepak bola. Seorang pemula yang baru mengerti dan memahami akan keindahan dalam permainan sepak bola akan jatuh hati pada klub sepak bola yang pertama dia lihat yang memiliki keindahan itu. Ini yang dinamakan jatuh hati pada pandangan pertama. Bukan hal yang tidak mungkin ini akan membuat dia menjadi penggemar berat klub itu. Orang akan merasakan keindahan sepak bola ketika–terutama–ia telah terjun ke masyarakat luas.  Kehidupan bermasyarakat mutlak memerlukan kerjasama, keterampilan, visi yang sama, finansial, dll. Hal itu susah ditemukan di negeri kita dewasa ini sehingga pelampiasannya adalah permainan sepak bola indah yang didalamnya memiliki hal itu.

Hal yang perlu diwaspadai setelah melampiaskan hasrat kesejahteraan itu adalah kontrol. Pepatah mengatakan bisa karena biasa. Orang yang nggak tahu apa-apa tentang bola, setelah jatuh hati dengan permainannya, dia menjadi menunggu-nunggu permainan bola berikutnya, sedangkan klub yang disukainya itu mustahil untuk bermain setiap hari. Jadi mau tidak mau ia mencari pelampiasan yang kedua, ia mencari klub-klub lain yang membandingi atau lebih baik dari klub sebelumnya. Alhasil dia tahu semua tahu tentang sepak bola, setelah ia terus menerus membanding-bandingkan klub-klub bola.

Lambat laun hal ini bisa meracuni kita. Sekalipun mencari pelampiasan ingatlah pada tujuan asal, apalagi bila sampai kecewa bila klub pujaannya kalah bertanding. Menyaksikan sepakbola dipandang sebagai hiburan dan seperlunya. Bila hati kecil kita mulai merasa ada yang aneh dengan apa yang kita lakukan, ingatlah tujuan semula. Bila bertentangan pangkaslah pohon beracun dari akarnya. (ADZ-’10)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: