Koneksi Dua Komputer Lewat USB


Menggunakan USB Flashdisk untuk bertukar data dari satu notebook ke notebook lain memang cukup mudah tetapi bila file yang ingin ditransfer cukup besar pasti butuh waktu berkali-kali untuk memindahkannya.

USB 2.0 Data Copy and Internet Sharing adalah kabel USB khusus untuk mentransfer data dari notebook ke notebook lain dimana dengan cara ini, kita tidak perlu kuatir mengenai besarnya data yang akan ditransfer selama hardisk anda mencukupi. Kabel USB ini bahkan juga bisa kita gunakan sebagai Internet Connection Sharing Dongle sehingga bila salah satu komputer mempunyai koneksi internet, kita bisa “nebeng” juga untuk koneksi internet tersebut.

Dengan harga US$ 29.00, kabel USB ini pasti suatu saat berguna, apalagi bila notebook kita tidak ada koneksi WiFi dan Ethernet.

Untuk lebih spesifik ada merek lain: USB 2.0 NetLink Cable (Hi-Speed 480Mb /s)

USB 2.0 Netlink Cable ini berguna untuk menghubungkan 2 komputer melalui port USB yang membentuk jaringan network antar komputer sehingga dapat saling bertukar data ataupun sharing koneksi internet ataupun sharing perangkat lainnya, seperti printer, scanner,dll. Dengan kecepatan transfer 480MB/detik. Selain dapat menghubungkan antar dua komputer, dengan bantuan alat USB HUB, alat ini dapat membentuk jaringan antar beberapa komputer. (seperti gambar dibawah)

Dengan skema jaringan menggunakan USB HUB seperti diatas, semua komputer akan terkoneksi, sehingga dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya. Dapat saling sharing peripheral. Cocok juga untuk memainkan game multi-player. Kesimpulannya alat ini dapat mengganti fungsi dari Network Card.

Skema Penggunaan USB Netlink dengan menggunakan USB HUB.
Spesifikasi :
–  Full Compliant with USB 2.0, up to 480Mbps data transfer rate. –  Compatible with USB 1.1
–  Networking Link & Data Transfer via USB Interface
–  Sharing Network such as ADSL, Modem, CD-ROM, Printer, Scanner, etc. –  Including function of LAN card, support NETBEUI , TCP/IP
–  Can Network link more over 20 PCs (with USB HUB) Harga : Rp 180.000,-/ Unit
Ada lagi yang wireLess: Produk iTwin mungkin hampir sama dengan NU AutoLink tetapi selangkah lebih maju pastinya. iTwin mempunyai fungsi untuk mentransfer file dari komputer ke komputer dengan menggunakan koneksi USB tetapi secara nirkabel (wireless). Produk ini terdapat 2 bagian yang menyatu dan masing-masing nantinya disambung ke masing-masing komputer yang ada.

Berbeda dengan AutoLink, iTwin menggunakan prosedur yang berbeda dalam hal transfer file. Pertama, iTwin hanya disambungkan ke satu komputer dengan kondisi keduanya masih menjadi satu, setelah file/ folder mana saja telah kita tentukan untuk ditransfer, kemudian bagian lainnya dilepas dan disambung ke komputer lain dan secara otomatis file akan ditransfer. Di webnya juga ditulis bahwa iTwin bisa digunakan untuk file transfer melalui internet tetapi yang satu ini kami masih agak sedikit bingung, bagaimana caranya mengingat iTwin sendiri merupakan satu kesatuan. Apakah berarti bisa menggunakan iTwin lainnya untuk transfer lewat internet? Sayang tidak ada penjelasan rinci mengenai yang satu ini. Tetapi diluar masalah bisa lewat internet, iTwin merupakan solusi praktis bagi orang awam untuk transfer file dengan kapasitas besar.

Sumber:

http://id.ngobrolaja.com/showthread.php?p=141817

http://www.megatron.biz/netlink.htm

http://www.otakku.com/2009/09/16/itwin-berbagi-file-secara-wireless-melalui-koneksi-usb/

7 Responses

  1. Thank’s Bro infonya, Gw lagi masalah dg Lan Card

  2. apa iya

  3. maaf mas yang yang ada tulisanya ckl itu beli dimana hargane berapa trimsss

  4. trima kasih informasinya,akan aku coba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: