Pengenalan Open Scene Graph (OSG)


Seperti namanya, sebuah adegan grafik adalah struktur data yang digunakan untuk mengatur adegan di dalam aplikasi Computer Graphics.Idenya adalah bahwa adegan biasanya disusun di beberapa bagian yang berbeda, dan entah bagaimana bagian-bagian ini harus diikat bersama-sama. Jadi, OSG adalah grafik yang semua nodenya merepresentasikan satu dari bagian adegan yang dapat dibagi. Lebih khusus, OSG adalah grafik asiklis yang diarahkan, sehingga memebentuk hubungan hirarkis di antara node.

Desain dan Arsitektur

OSG didesain untuk portabilitas dan skalabilitas. Untuk mewujutdakn kriteria tersebut, OSG dibuat dengan konsep dan perangkat sbb.:

  1. ANSI standard C++
  2. C++ Standard Template Library (STL)
  3. Desain pattern

Konvensi Penamaan

  1. Namespace: osg, osgSim, osgFX
  2. Kelas: MatrixTransformation, NodeVisitor, Optimizer
  3. Metode Kelas: addDrawable, getNumChildren()
  4. Variabel anggota kelas: sama dengan metode kelas
  5. Template: ref_ptr<>, graph_array<>, observer_ptr<>
  6. Statik: s_aplicationUsage, a_ArraNames()
  7. Global: g_NotifyLevel, g_readerWriter_BMP_Proxy

to be continued..

Sumber: Leandro Motta Barros. “A Short Introduction to the Basic Principles of the Open Scene Graph.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: