Indonesia vs Malaysia


malaysia Pemberitaan media massa di akhir bulan mei dan awal bulan juni 2009 mmebuat kita risih dengan istilah Maslaysia. Dari mulai masalah Ambalat yang terangkat ke permukaan lagi, Manohara, hingga TKW Siti Hajar. Pasukan angkatan laut diraja Malaysia diberitakan berada di daerah perairan Indonesia tanpa maksud yang jelas. Meskipun pihak Kementrian luar negri Malaysia telah meminta maaf atas tindakan yang telah diperbuat, tetap saja pasca pernyataan tersebut pasukan diraja Malaysia melenggang di perairan Indonesia. Entah apa maksudnya, apakan ingin mengkudeta pulau dan perairan tersebut atau hanya sekedar numpang lewat yang jelas hal itu membuat gerah orang-orang Indonesia pada umumnya. Seakan-akan mereka menantang kita untuk beradu kekuatan militer. Yang ditunggu adalah siapa yang memulai menembakkan rudal.

Kisah Manohara tak pelak menyedot perhatian hampir semua kalangan. Dari para pengamat hingga ibu-ibu rumah tangga. Dari pemberitaan berita hingga acara-acara gosip. Perilaku Manohara yang meminta dibebaskan diuraikan secara detail. Runutan berhasil bebasnya Manohara dari kungkungan keluarga Kelantan diuraikan juga secara gamblang oleh Manohara. Hingga penjelasan penganiayaan yang dilakukan oleh tengku Fakhry oleh manohara dijelaskan hingga tahap visum. Komplit sudah pemberitaannya. Dampaknya Manohara kian populer di mata masyarakat Indonesia. Apa gerangan maksud dari semua ini?. Apakah tengku Fakhry memang memiliki kelainan dalam meperlakukan seorang perempuan hingga terjadi KDRT yang bombastis. Atau kah manohara yang memiliki darah indo – prancis yang bermaksud unutk meraih popularitas. Semua sebenarnya masih tanda tanya, hingga sidang terhadap mereka berdua digelar.

Satu lagi, yang membuat pilu orang Indonesia. Orang Garut yang bekerja ratau di Malaysia mendapat getah yang pahit. Tubuhnya rusak disiram air panas. Tak pelak semua orang iba, hingga beberapa capres pun ikut angkat bicara. Kasus ini bukan yang pertama terjadi pada tenaga tenaga kerja indonesia yang bekerja di negri jiran. Masih banyak tindakan asusila lainnya yang sudah terjadi. Dan mungkin tidak tersiar di media massa.

Melihat semua hal di atas, mungkin kita semua sepakat untuk mengatakan kasihan sekali Indonesia. Inilah yang membuat nasionalisme kita terusik lagi. Apa yang ingin kita lakukan untuk membela negri kita tercinta ini. Namun, sebelum kita bertindak perlu kita telusuri lagi apa motif dari semua ini. Apakah hal ini pengalihan terhadap isu pemilihan capres. Supaya orang-orang tidak memperdulikan lagi tentang siap orang yang pantas menduduki kursi nomor satu negri ini.  Atau mencari-cari alasan untuk menjatuhkan capres lain sehubungan dengan kinerja bilateralnya yang kurang baik. Atau adanya upaya pengadu dombaan kita dengan Malaysia. Atau memang Malaysia sudah secara terang-terangan memandang sebelah mata negri kita. Padahal dari semua negara yang ada di dunia ini, hanya Malaysialah yang hampir mirip dengan negri kita. Sangat pantas bila Malaysia menjadi sekutu kita dalam membangun perekonomian regional, pertahanan, ataupun lainnya.

Saya rasa bila kita mencari-cari kambing hitam dari semua ini tidak akan ada habisnya. Ini saatnya semua elemen berbenah, hindarkan semua prasangka buruk . Energi kita malah habis untuk membahas hal ini. Lebih baik tingkatkan kary-karya kita untuk membenahi kekurangan-kekurangan yang ada di negri kita. Soal perselisihan daerah kita dengan negri tetangga kita, harus disikapi dengan kepala dingin. Kritis tapi tetap tenang. Beresin dulu aja diplomasi dengan Malaysia sampai muncul benang merah dari semuanya. Untuk Manohara dan Siti Hajar, biarkan pengadilan yang menentukan keputusannya. Yang pasti kita mendukung yang pihak benar dari pihak manapun ia. Dan mendukung yang salah untuk diberi hukuman yang seharusnya.   (ADZ)

Bookmark and Share

3 Responses

  1. dia adalah negara yang paling brengsek tidak tau arti kedaulatan dari sebuah negara yang diperjuangkan dengan darah dan nyawa

  2. law aq bilang si malays tu ngak pux pendirian alias iri ma indonesia yang kaya budaya n laenx law aq bilng malays tu busittttttttttttt?_?

    • se7 apa kata Loe. . malaysia itu iri ma Org Indonesia. Malaysia tuch cma ngara yang miskin ma Budaya, mngkanya Malaysiacri Sensasi terusss , Klo indonesia mah sudah jelas BERJUTA DENGAN BUDAYA N BERJUTA KEINDAHAN . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: